radio streaming shoutcast murah indonesia, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming

Konsep Sebelum Membuat Blog

Mungkin pernah dengar konsep dasar membuat website, sitebasic sedikit memberikan gambaran konsep awal membuat atau membagun blog, membuat website membutuhkan keahlian khusus bisa dipastikan sudah menguasai beberapa bahasa pemrograman, begitu juga dengan membuat blog sebaiknya kita membuat konsep terlebih dahulu agar blog yang nantinya akan dibuat tidak hanya sebatas dibuat saja tapi bisa mengelola dan memanfaatkannya menjadi peluang usaha atau ladang guna mendapatkan penghasilan.

konsep-membuat-blog
Bagi mereka yang sudah ahli artikel ini sudah bisa saya pastikan tidak bermanfaat, meskipun demikian saya mencoba berbagi dengan teman-teman yg sedang atau baru belajar membuat blog sendiri sama halnya dengan saya yang sedang mencoba belajar menulis dan menjadikan blog sebagai catatan.

Kenapa harus membuat konsep terlebih dahulu ?
Beberapa tahun silam saya pernah membuat blog sendiri  hanya sebatas buat catatan kecil bahkan saya tidak tahu apa yg akan saya buat, tulis dan lain sebagainya, sering sekali saya melakukan gonta-ganti template karena saya tidak pernah tau tujuan dan apa keuntungannya saya mempunyai blog, hanya sebatas menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, ternyata banyak sekali orang-orang memiliki lebih dari satu blog dan mengelolanya hingga mendapatkan penghasilan tambahan, jadi bukan hanya tulas-tulis saja.

Saat pertama kali kita berada didepan layar komputer dan hendak membuat blog mungkin kita mempunyai keinginan yang kuat agar kita juga bisa punya blog, keinginan yang kuat tersebut bisa saja ada disaat awal-awal kita membuatnya, ada baiknya sebelum kita membuat segala sesuatu kita membuat konsepnya terlebih dahulu baru kita coba terapkan, agar blog yang akan dibangun bisa menjadi lebih baik.

Butuh waktu untuk memahami sembari belajar mengenal serta memahami tujuan dari segala usaha yang sedang dikerjakaan, tidak mudah membuat konsep apapun selama belum memahaminya.

Tujuan membuat blog
Sebenarnya apa tujuan membuat blog tersebut ? jadi pertanyaan bagi blogger pemula, berbagai pendapat secara personal bisa menyimpulkan tujuan dari buat blog itu, dari banyak sumber sembari belajar ada beberapa tujuan orang-orang mempunya blog sendiri.
  • Mengisi Waktu Luang
  • Hobi
  • Melatih diri dengan menulis melalui blog
  • Mencari Pendapatan dari Iklan
  • Promo Produk, Jasa atau Seni
  • Menulis Pemikiran atau Cerita
  • Berbagi / Share ilmu yang di miliki
Dengan beberapa tujuan membuat blog diatas, tentu kita membutuhkan konsep dasar agar blog bisa dibuat sebaik mungkin,agar tujuan yang diinginkan tercapai dengan baik. Berikut ini share sederhana konsep dasar membuat blog.

Buatlah Konsep Rancangan
  1. Tentukan Thema Blog yang akan dibangun.
    Untuk menentukan thema blog bukan hal yang mudah menurut saya apalagi buat kita yang belum mempunyai pengalaman alias newbie,
    • Layout
      Layout merupakan bagian dari bentuk tampilan blog, panjang, lebar (dalam pixel), nantinya berapa banyak kolom yang digunakan, posisi sidebar dikanan, dikiri atau tidak sama sekali.
    • Warna Latar, background, header, halaman posting, dan warna font.
      Untuk menentukan warna sangat berpengaruh sekali, jangan sampai kita menggunakan warna yang terlalu kontras dan pemberian warna yang terlalu berlebihan tidak beraturan akan mempengaruhi mata pengunjung, perlu kita ketahui pengunjung tidak selalu sama menggunakan display monitor yang sama dengan yang kita gunakan saat membuat atau membangun blog tersebut.
    • Font / Jenis Huruf dan Ukuran Font.
      Untuk jenis huruf sebaiknya gunakanlah font standar, yang jelas mudah dibaca tidak terlalu banyak seni, dan jangan terlalu banyak menggunakan jenis huruf, ukuran font juga akan mempengaruhi jangan terlalu kecil karena tidak semua pembaca bisa membaca huruf dengan ukuran kecil, baca menentukan warna font, link dan background blog.
    • dll
  2. Buatlah nama / domain blog yang menjadi url dan usahakan mendekati atau menggambarkan dengan topik konten blog tersebut, penentuan nama domain / url / alamat blog dengan kata yang mudah untuk diingat. Jika anda ingin mengganti nama domain blogspot anda, dengan nama sendiri anda harus beli domain, bisa baca mau beli domain paling murah, dengan domain sendiri blog terkesan lebih profesional.
  3. Mempelajari konsep penempatan widget atau navigasi, dari situs-situs blogger lain, hal ini akan membantu pengunjung untuk membaca semua tulisan pada blog tersebut.
  4. Membuat konsep secara ofline, membuat coretan-coretan kecil dibuku, bisa berupa rancangan layout, isi kontent atau cerita yang akan diterbitkan melalui blog yang dibuat.
Sebaik-nya konsep dengan membuat rancangan draft disebuah buku diawali dari rancangan isi kontent yang kedepannya akan menjadi topik tulisan anda di blog tersebut, kemudian memberikan menentukan kategori yang mudah dan tepat untuk setiap postingan anda, langkah selanjutnya mewujudkan impian dengan membuat blog gratisan dengan blogger, baca cara membuat blog blogger di blogspot, jika anda sudah mempunyai blog sendiri anda, kemudian tambahkan link-link affiliasi di blog anda agar blog tersebut bisa memberikan tambahan uang, baca juga cara dapat uang lewat blog,

2 komentar: