radio streaming shoutcast murah indonesia, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming

Cara Set IP Mac Addres Client Mikrotik

Bagaimana cara set ip atau mac addres client dari mikrotik - Kunci atau set ip address atau mac address client dari mikrotik melalui winbox, sebelum ke proses cara konfigurasinya sekilas alasan kenapa mac dan ip address client sebaiknya di kunci. segala sesuatu pasti ada kelebihan dan kekurangannya, umumnya management bandwith dilakukan agar pemakaian rata tidak ada yang pakain bandwith lebih.

Buat Apa Kunci IP Mac Address Client ?


Banyak sekali tips dan trik yang dilakukan oleh admin jaringan, guna memberikan kenyamanan kepada sesama pengguna, dan tidak sedikit dari pengguna jaringan tersebut yang tidak mengerti jaringan termasuk keamanan dan lain sebaginya, terkadang mereka menggunakan keahliannya dengan seenaknya yang akhirnya client lain terganggu dengan ulah seseorang, kasus seperti ini sering kita jumpai.
Kasus yang saya jumpai disalah satu rumah kost, banyak client pengguna mengeluh koneksi internet yang didapatnya kecil dan sangat lambat sekali, termasuk saya juga merasakan hal tersebut, akhirnya mencoba bertanya dan cerita dengan pemilik kos, tentang berapa besar bandwith yang diberikan, mendengar itupun saya mencoba memberi masukan kepada pemilik kos, agar diberikan jatah koneksi pada masing-masng pengguna agar yang lain tidak terkena dampak leletnya koneksi, karena ada yang menggunakan bandwith lebih. jadi dengan pembagian bandwith dengan mengunci mac address beserta ip address client memungkinkan pengguna tersebut tidak bisa merubah ip secara manual.

Intinya sedikit mencegah pengguna yang "Agak Nakal", ups bukan nakal deh tetapi "Pintar"

Cara Set IP dan Mac Address Komputer

Masuk ke mikrotik dari komputer anda yang terhubung pada jaringan yang ada mikrotiknya, kemudian buka windbox.

winbox-mikrotik
Winbox aplikasi remote mikrotik dari client, Jika anda belum memiliki aplikasi winboxnya bisa download disini, setelah muncul seperti tampilan awal login winbox seperti gambar disamping, klik tombol connect untuk masuk ke menu mikrotiknya.

Cara mengunci mac address, ip address client dari mikrotik
sebelum mengunci mac address dan ip address client sebaiknya lihat mac address komputer client yang sudah terhubung untuk kemudian dikunci pada ip address yang hendak diset.

Cara melihat mac address client mikrotik melalui winbox, bisa dengan klik tombol menu IP >> ARP dan lihat list client yang terhubung. catat mac address clientnya yang hendak di kunci.

Misal mac address yang hendak dikunci tadi : AA:12:BB:34:CC:56  set ip berdasarkan mac : 192.168.10.200

Kemudian buka menu terminal "IP Firewall" dan isi


add chain=forward src-address=192.168.10.200 src-mac-address=!AA:12:BB:34:CC:56 action=drop comment="kunci mac ke ip address client"

add chain=forward src-address=!192.168.10.200 src-mac-address=AA:12:BB:34:CC:56 action=drop comment="kunci mac ke ip address client"

Perintah terminal diatas akan mengunci mac address dengan ip address yang sudah kita tentukan, memungkinkan pengguna tidak dapat merubah ip secara manual lagi.

Buat yang sedang cari mikrotik rb750 bekas kondisi ok, dan murah bisa kemari : Penawaran / penjualan mikrotik rb 750 2nd

4 komentar:

  1. maaf mau tanya kalo cara liat ip address komputer masing2 dari mikrotik lihatnya dimana yah?

    BalasHapus
  2. Dari Winbox, klik menu ip kemudian arp, lihat di arp listya

    BalasHapus
  3. mantap ilmunya.. terima kasih banyak ya

    BalasHapus
  4. gmna cara setting 1 user ( set maccaddress) untuk 2 device maccaddress..

    BalasHapus