radio streaming shoutcast murah indonesia, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming

Perbedaan Kabel UTP dan STP

Apa perbedaan antar kabel jaringan utp dan stp - berbicara jaringan sudah pasti pada tau apa saja media penghantar yang dipergunakan untuk menghubungkan perangkat satu dengan lainnya, misalnya menghubungkan komputer,laptop ke switch atau hub.

Penghubung atau media hantar yang dipergunakan umumnya berupa nirkabel (infra merah, bloetooth, dan wifi), jaringan kabel, sebelum kabel utp banyak yang pergunakan, konon jaringan menggunakan kabel coaxial. karena harga kabel coaxial yang mahal juga kebututuhan kecepatan transfer data, penggunaan kabel coaxial semakin berkurang.

Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP

Sebelum kita membahas apa perbedaan kabel utp dan stp, serta kelebihan dan kekurangan kabel tersebut ada baiknya kita ketahui terlebih dulu singkatan dan pengertian kabel itu.


Kabel Jaringan UTP
Kabel UTP singkatan dari Unshielded twisted-pair, merupakan kabel penghantar yang terbuat dari bahan tembaga kemudiab di isolasi atau dibungkus dengan menggunakan bahan dari plastik guna melindungi terjadinya kerusakan fisik pada penghantar.

kabel-utp
Kabel UTP - Unshielded Twisted Pari
Perhatikan bentuk gambar disamping ini, (untuk memperjelas gambar silahkan klik), dari gambar disamping terlihat jelas terdapat beberapa inti kabel penghantar yang di bungkus berdasarkan warna yang berbeda-beda, kemudian dipilin.

Kabel UTP sudah banyak dipergunakan sebagai kabel jaringan lokal (LAN - Local Area Network), karena harganya yang relatif murah dan sudah sesuai standar.

Kabel Jaringan STP
Kabel jaringan stp banyak dipergunakan untuk jaringan data, jaringan token ring IBM, pembungkusnya dapat memberikan proteksi terhadap interfrensi.

kabel-stp
Kabel STP - Shielded twisted pair
Lihat dan perhatikan juga gambar bentuk kabel STP disamping ini, jika diperhatikan dengan kabel utp ada perbedaan pada kabel jenis STP, terdapat semacam pembungkus lagi menyerupai alumunium foil, sebelum pembungkus (kulit) luar.

Bentuk lain kabel STP ada juga yang pembungkusnya pada masing-masing lilitan kabel, bentuk lain yang dimaksud biar sobat pembaca tidak bingung lihat gambar kabel stp dibawah ini.

stp-cable-twisted-pair
Berdasarkan pengalaman saat membuat jaringan lokal,perbedaannya bukan hanya di bagian isolasinya saja, tetapi ukuran dan besar tembaga pada kabel stp sedikit lebih besar dan agak kaku jika dibandingkan dengan kabel utp, dari harga kabel stp lebih mahal dari kabel utp.

Untuk warna tidak ada perbedaan antara utp dan stp, sama-sama menggunakan warna dasar yang sama "Orange, Biru, Hijau dan Coklat", penerapan dilapangan untuk kondisi tempat (diluar ruangan,lembab,diantara kabel-kabel listrik lainnya, lebih baik menggunakan kabel stp.

Kesimpulan Kabel STP dan Kabel UTP
Jika diperhatikan perbedaan berdasarkan gambar diatas bisa diambil kesimpulan, kalau kabel stp jauh lebih baik dari kabel utp, dikarenakan sebelum inti kabel terdapat plastik tipis dan alumunium foil, yang berfungsi untuk menjaga fisik inti kabel dari gangguan luar, seperti noise, cuaca dan lain sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar