radio streaming shoutcast murah indonesia, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming

Mengatur Bandwith Client Dengan TPLink TL-WR741N

Cara mengatur bandwith pemakaian internet client dengan menggunakan modem TPLINK TL-WR741, management bandwith digunakan agar pembagian bandwith internet lebih terarah, sehingga semua client yang terhubung dapat terkoneksi dengan baik dengan jatah bandwith yang sama atau prioritas khusus.

Bandwith diperbesar dan diperbesar bukanlah solusi, mengingat harga bandwith di Indonesia masih terbilang mahal jika dibandingkan dengan negara luar.

Pembagian bandwith internet client ?

tplink-wr741n

Untuk apa dan haruskah dilakukan pembagian bandwith ke client ?, semuanya tergantung dari admin jaringan itu sendiri, ada yang memang mengharuskan dilakukan pembagian dan ada juga yang tidak, semuanya tergantung dari seberapa besar bandwith yang dimiliki (diberikan dari isp / disewa), seberapa besar pemakaian bandwith, dan berapa banyak user / pengguna koneksi tersebut.

Sebelum melanjutkan bagaimana cara membagi atau mengatur bandwith client dengan menggunakan tplink tl-wr741n.

Cara membagi atau mengatur bandwith client dengan menggunakan Modem TPLINK Tl-WR741N.
berikut ini cara mudah melakukan pembagian bandwith client dengan menggunakan modem tplink tl-wr741n,

  1. Silahkan login ke system tplinknya.
  2. Kemudian lihat menu di bagian sebelah kiri dan pilih Bandwith Control Settings
  3. Centang enabled bandwith control dan sesuaikan dengan besar bandwith anda (input dari isp)
    Perhatikan jika anda menggunakan jalur input dari adsl, pilih adsl dan jika anda menggunakan line wan (port wan) dari isp selain speedy misalnya pilih other.
    • Engress Bandwith adalah besar upload anda.
    • Ingress Bandwith adalah besar download anda.
  4. Pilih Rules List
    Dibagian ini anda tambahkan sendiri, bisa dengan cara memberi jatah pada masing-masing client atau bisa dengan cara membarikan range berdasarkan ip.

    bandwith-control-list

    Perhatikan gambar diatas :
    Enabled : silahkan centang untuk mengaktifkan managemen bandwithnya
    Ip Range : Management bandwith client berdasarkan range ip, misalnya ip 192.168.1.1 s/d 192.168.1.10 diberi bandwith download sebesar 256kbps dan upload sebesar 64kbps.
    isi dikomom ip range pertama dengan ip 192.168.1.1 dan kolom kedua isi dengan 192.168.1.10, sedangkan jika anda hanya ingin memberi jatah bandwith untuk satu client masukan ip address client tersebut dikolom pertama sedangkan kolom ip range yang kedua dibiarkan kosong.
    Port Range : biarkan saja kosong, dan lanjutkan ke pengaturan bandwith, perhatikan kolom egress dan igress masukan minimum donload dan maximum download yang diberikan untuk client tersebut.
  5. Save dan reboot tplink anda
Mengatur bandwith client dengan menggunakan modem tplink

3 komentar: