radio streaming shoutcast murah indonesia, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming

Cara Pasang Kabel UTP

Cara Pasang kabel utp untuk membangun jaringan lan, membuat jaringan lokal (lan) yang kemudian di koneksikan ke modem guna dapat terkoneksi ke jaringan internet, tujuan membuat jaringan untuk membuat jaringan guna mempermudah menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya, dapat bertukar file, share printer dan lain sebagainya kemudahan-kemudahan dapat dilakukan dari komputer yang digunakan secara langsung tanpa harus menggunakan flashdisk,cd atau disket untuk mencopy file ke komputer lain.

cara-pasang-kabel

Cara pasang kabel utp

Sebelum memasang / membuat kabel utp ke konektor rj45, mungkin anda bisa, baca perbedaan kabel utp dan kabel stp, guna melengkapi informasi anda seputar kabel jaringan, sehingga anda bisa lebih mudah menentukan pilihan kabel yang nantinya dipergunakan saat membuat atau membangun jaringan lokal ditempat anda.

Sebenarnya membuat jaringan lokal, bisa anda buat sendiri dengan biaya murah tanpa harus mendatangkan teknisi khusus,

Urutan Pemasangan Berdasarkan Warna Kabel

Menghubungkan komputer ke perangkat lainnya, seperti ke hub/switch atau ke komputer lain, dapat dilakukan dengan menggunakan kabel selain menggunakan wifi, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum membuat, urutan warna kabel sebenarnya tidak berpatokan dengan warnapun jaringan bisa tetap dibuat, tetapi alangkah baiknya jika segala sesuatu berdasarkan aturan dan ketetapan atau standar yang sudah berlaku, warna standar aturan TIA T568A, TIA 568B.

Perhatikan urutan warna kabel utp
Agar pemasangan sesuai, dapat memudahakan saat melakukan pemsangan baru, perawatan dan lain sebagainya, sebaiknya pemasangan kabel ke konektor mengikuti aturan standar warna yang sesuai.

tia-t568a
Urutan warna kabel standar TIA 568A
  1. Outih Hijau
  2. Hijau
  3. Putih Orange
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Orange
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

tia-t568b
Urutan warna kabel standar T 568B
  1. Putih Orange
  2. Orange
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau 
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

Pemasangan Kabel Straight
Pada dasarnya membuat jaringan lan dengan menggunakan kabel utp, tidaklah sulit selama kita mengetahui dan hapal warna (urutan warna kabelnya), prinsipnya bukan berpatokan dengan warna dari kabel tersebut, bukan berarti salah urutan warna lantas jaringan tidak bisa terkoneksi, tidak akan tetapi mempermudah kita untuk melakukan pemasangan dan perbaikan kedepan jika segala sesuatunya mengikuti aturan atau standar yang sudah ditetapkan.

kabel-utp
Keterangan
Urutan warna pada ujung pertama dengan ujung berikutnya harus sama,

Pemasangan Kabel Cross
Untuk pemasangan kabel cross sama halnya dengan memasang kabel staight, hanya saja ada perbedaan urutan ujung kabel satu dengan ujung yang satunya tidak sama, salah satu kemudahan jika sudah hapal dengan kode urutan warna kabel.

urutan-cross

Akan lebih mudah membuat kabel cross cukup dengan memasang dan mengikuti urutan kabel T568A dan ujung yang satunya pake urutan T568B.

Inti Hubungan antar konektor, pin 1 terhubung ke pin 3, pin 2 terhubung ke pin 6, begitu juga sebaliknya.

supaya lebih gampang mengingatnya ingat saja 1,3,2,6. untuk membuat kabel cross. lebih jelas dan tidak membingungkan anda perhatikan gambar disamping ini.

Sekilas saya berbagi pengalaman seputar teknik pengkabelan utp untuk membangun jaringan lokal lan. Beberapa hari yang lalu saya, pergi kekosan teman "frederika", dan kebetulan macbooknya tidak bisa konek internet karena konektornya rusak, kalau sudah hapal urutan kabel yang dipergunakan apakah t568a atau t568b langkah selanjutnya memasukan kabel kedalam konektor RJ45.

Urutan Pin Konektor RJ45.
nomor-urut-rj45
Memudahkan pemasangan kabel utp atau stp kedalam konektor rj45 agar tidak salah, perhatikan urutan pin pada konektor.

Balik konektor bagian tembaga menghadap kearah anda lihat gambar disamping, urutan pertama persis disebelah kiri anda (posisi tembaga menghadap anda), pin nomor satu, dua, tiga dan seterusnya.



Peralatan Pasang Kabel Jaringan
Peralatan pendukung yang harus dimiliki untuk memasang kabel utp atau stp ke konektor rj 45. tang cramping, dan lan tester.

Semoga artikel cara pasang kabel utp ini dapat sedikit memberikan tambahan informasi buat anda yang sedang membutuhkan penjelasan informasi seputar cara pasang kabel utp.

0 komentar:

Posting Komentar