radio streaming shoutcast murah indonesia, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming

Cara Mengatur Widget Tampil

Cara mengatur widget tampil - beberapa widget mungkin tidak ingin ditampilkan pada halaman utama atau pada halaman posting, tips atau cara mengatur widget ini bisa diatur dengan mudah sesuai dengan keinginan admin blog.

Apa itu Widget Blog ?

Secara teori apa itu widget blog ?, jujur saja saya tidak tahu, ini berdasarkan pendapat saya, jika anda memiliki pendapat lain, bolehlah tinggalkan pendapata-nya dihalaman komentar di bawah postingan ini, menurut saya yang masih baru belajar membuat blog ini, widget blog itu merupakan "acessoris tambahan sebagai pelengkap dari blog tersebut", dengan widget yang dimaksud bisa menambahkan sesuatu yang dianggap perlu, penambahan kode html, gambar (image), flash, java script.

Penambahan script-scipt lain yang tidak tersedia secara default, pada blogger blogspot, dengan menempatkan berbagai kode script dari pihak lain, seperti kode iklan, atau script navigasi buat blog misalnya : Popular post,recen post, recent comment dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk Apa Harus Diatur ?
Untuk apa widget harus diatur, diatur maksud-nya penampilan widget tersebut, saat kapan widget tambahan itu harus muncul, apakah di munculkan / ditampilkan pada halaman utama (homepage), atau dihalaman postingan, atau pada halaman-halaman tertentu saja widget tersebut tampil.

Cara Mengatur Widget Tampil

Cara mengatur widget tampil, sesuai dengan keinginan kita, ada beberapa cara sederhana yang bisa diterapkan yaitu :
  1. Mengetahui widget apa yang akan diatur.
    Tujuan-nya agar saat menyisipkan kode tambahan seperti dibawah ini tidak salah, sebaiknya terlebih dahulu mengetahui widget yang sudah ditambahkan sebelumnya, namun kemudian ingin dilakukan perubahan tampil, Buka dasbor blogger sobat kemudian pilih layut / Tata Letak, Sebagai contoh lihat gambar dibawah :

    atur-widget-tampil
    HTML/JavaScript edit
    Pilih HTML/JavaScript yang akan di tambahkan atau disisipin kode, sebelumnya ketahui dulu id widget yang akan diedit.
    widget-tampil-halaman-homepage
    Cara mengetahui WidgetID.

    Setelah klik edit, perhatikan di bagian kanan atas paling ujung, akan terlihat kode html (widgetid), dari contoh gambar diatas widget-id html5.
  2. Menyisipkan kode perintah pengkondisian, jika atau tidak/selain
    Perintah kondisi bisa digunakan dengan peryataan tidak/selain, sekilas pencerahan sederhana paling tidak bisa sedikit paham, dengan kode yang nantinya akan ditambahkan.

    contoh 1 Perintah kondisi Normal
    <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>


    isi, kode java script, img, html dan lain-lain

    </b:if>

    Penjelasan : <b:if = jika, jika Kondisi sama dengan data:alamat.blog sama, sama dengan data alamat utama blog, maka eksekusi isi,

    Contoh 2 perintah atau pernyataan kondisi, menyatakan pengecualian dengan tidak / selain
    <b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'>

    isi, kode java script,img, html dan lain-lain

    </b:if>

    Penjelasan : perhatikan <b:if cond='data:blog.url != jika kondisi tidak sama dengan data alamat blog dengan data alamat halaman blog utama, maka eksekusi isi.

    Berikut beberapa kode yang bisa ditambahkan untuk mengatur munculnya widget, sesuai dengan keinginan dimana widget tersebut akan ditampilkan.

    • Cara Mengatur tampilan widget Tampil dihalaman homepage
      Kode tambahan agar tampil di halaman utama / homepage saja

      <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
    • Cara Mengatur Widget Tampil di halaman Posting
      Kode tambahan agar tampil di setiap halaman posting saja, sedangkan pada halaman utama (homepage), widget tidak akan tampil.

      <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
    • Cara mengatur Widget Tampil di Halaman Tertentu
      Kode tambahan agar widget tampil pada halaman tertentu, penyesuaian sesuai dengan artikel posting, penambahan berdasarkan alamat.

      <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;url-halaman&quot;'>

  3. Contoh Menyisipkan kode tambahan, agar widget bisa tampil sesuai dengan keinginan.contoh menyisipkan kode pada html5, seperti langkah no 1 diatas,
    • Buka dasbor blogger kemudian pilih template, (penting: harap backup terlebih dahulu template sebelumnya, untuk antisipasi kesalahan yang menyebabkan error),
    • Di menu edit template cari widgetid HTML5,

      Cara 1 : Menu edit template pilih lompat ke widget, lihat gambar

      widget-tampil-halaman-tertentu
      Menu Edit template, Lompat ke Widget

      Cara 2 : Gunakan tombol pencarian (find), dengan menekan tombol ctrl + f dari keyboard, kemudian masukan kata yang dicari misal HTML5.
    • Kemudian sisipkan kode pengaturan seperti cara pada nomor 2 diatas, kemudian sisipkan sesudah B:include, dan sisipkan kode penutup kondisi </b:if> sebelum </b:includable>, lihat contoh gabar dibawah ini:

      kode-widget-tampil
      Perhatikan pada gambar, klik gambar untuk memperbesar (melihat lebih jelas), perhatikan kode html, yang diberi garis bawah berwarna merah, itu merupakan kode tambahan yang disisipkan, agar widget id, HTML5 tampil hanya pada halaman utama (homepage) saja.
  4. Simpan Pengaturan / simpan template anda.
 Demikian tulisan saya tentang tutorial blog cara mengatur widget tampil, semoga bisa melengkapi dan dapat menyesuaikan dimana widget itu harus muncul, berdasarkan keinginan anda.



0 komentar:

Posting Komentar